Project Pemasangan Saluran Kabel Tanam Tegangan Menengah (SKTM) 20KV Di KSB Di Pertanyakan


Kota Serang, Investigasibanten.com-Perluasan atau pergantian jaringan instalasi listrik tegangan menengah maupun tegangan tinggi sangat diharapkan oleh masyarakat sebagaimana suatu kebutuhan dalam penerangan dan kepentingan lainnya. Namun tidak serta merta asal melakukan pemasangan harus di dukung dengan standar keamanan sebagaimana telah di atur dalam PUIL dan Undang-undang kelistrikan. Termasuk safety, contoh jumlah anggota personal dalam pulling kabel dalam satu huspel 1 org untuk 5 meter.



Sebagaimana dalam standar penyelenggaraan Konstruksi SKTM
1. Persiapan pekerjaan penggelaran kabel. 2. Persiapan peralatan dan material. 3. Pelaksanaan galian kabel. 4. Handling transportasi kabel SKTM, dimana personel dalam penggelaran kabel harus cukup dalam 1 huspel 250 minimal personel 1 org untuk 5m. Jadi total untuk penggelaran 50 org. 5. Seluruh pekerjaan harus melakukan tahapan dan harus di awasi thd - uji isolasi 5/10 KV. Uji DC test 57 KV. Uji power frekuensi tes 20 KVselama 15 menit dan bbrp tahapan lainnya.

Juga persiapan2 lainnya yaitu kabel SKTM, Pasir urug, batu pengaman, batu bata, Batu patok yang paling utama Rabu2 K3.


Namun dalam proyek pelaksanaan di High Park Land Park ketika tim media dan Lembaga menyambangi lokasi proyek dan bertemu (Oman) yang mengaku pengawas Proyek dari Badak Banten dan ketika tim mempertanyakan tahapan persiapan, ijin Pemerintah setempat dan ijin pemilik lahan yang tempat digali, namun tidak bisa menunjukkan hanya bisa memperlihatkan lewat WA surat pemberitahuan sepihak dari pemberi kerja PLN yang di tujukan ke kantor High Land Park.

Aminudin Ketua KPK Nusantara dalam uraiannya memaparkan yang di kutip dari Kletz 2002: 159-160, Pendistribusian tenaga listrik ke pengguna tenaga listrik di suatu kawasan harus mempertimbangkan berbagai faktor. Penggunaan system tenaga menengah sebagai jaringan utama adalah upaya utama untuk menghindarkan rugi2 penyaluran (losses) dengan kondisi aman dengan kwalitas persyaratan tegangan yang harus di patuhi oleh PT. PLN (Persero).

Selain itu Aminudin juga menyampaikan PLN (Persero) selaku pemegang kuasa usaha utama SOP nya sudah di atur dalam UU Ketenagalistrikan No.30 Thn 2009 dan harus mengawasi Vendor pelaksana yang di tunjuk,  sampai berita ini di turunkan dan untuk menghindari hal2 yang tidak di inginkan tim akan melakukan pemantauan terus di lapangan. Red.

0 Viewers

Iklan

Iklan Tengah Artikel 1

Tiket Promo Jungleland Sentul Bogor
Tiket Rombongan
Jungleland Sentul

Ads by Wisata Bogor

Iklan Tengah Artikel 2

Tiket Promo Jungleland Sentul Bogor
Tiket Rombongan
Jungleland Sentul

Ads by Wisata Bogor

Iklan Bawah Artikel